Fungsi Sistem Prioritas Gojek
Halo sobat ojol khususnya driver Gojek, sudah satu tahun lebih istilah driver prioritas kita kenal, sejatinya istilah driver prioritas tidak pernah dipublish oleh Gojek, istilah prioritas muncul dari percakapan sesama driver tentang akun driver yang gampang cari orderan atau biasa disingkat Gacor.
Sebaliknya, akun yang susah dapat orderan sering disebut anyep, gagu, budek atau kalau di Padang ada juga yang nyebut Pajak(bahasa Minang, kalau di translate ke bahasa Indonesia sama dengan Budeg).
Sampai saat ini banyak yang bertanya-tanya, buat apa sistem prioritaskan yang akhirnya menimbulkan rasa ketidakadilan sesama driver, Mimin juga merasa begitu, kadang akun anyep parah baget bisa-bisa seharian cuman dapat 1 orderan saja walaupun dah keliling kota puluhan kilometer.
Lalu Mimin coba merenung, apa sih fungsi Sistem Prioritas Gojek ini? Maka Mimin mengambil beberapa poin yang kira-kira menjadi alasan diterapkan sistem prioritas ini.
1.Untuk Berantas Pemakaian Tuyul dan Perilaku tidak Jujur
Seperti yang sama-sama kita ketahui bahwa dulu sistem pembagian orderan adalah siapa yang paling dekat dengan titik koordinat si pemesan, maka berbondong-bondong oknum memakai aplikasi tambahan buat naro posisi terdekat dan akhirnya yang nggak pakai tambahan malah kalah bersaing.
2.Untuk menentukan Reward & Punishment
Reward ini dimaksud imbalan, jadi yang rajin dapat imbalan akunnya gacor dan yang milih-milih orderan mendapatkan ganjaran setimpal.
Dulu banyak oknum yg memilih orderan, ada yang maunya ambil orderan jarak dekat dan customer jarak jauh diabaikan dan ada juga maunya orderan gofood saja buat ngejar poin kejar bonus sehingga orderan goride yang masuk diabaikan atau diambil tapi telpon customer buat cancel orderan dengan alasan ban bocor lah, anak kucing tetangga lahiran lah bahkan ada juga alasan lupa bawa motor.
Maraknya modus minta cancel membuat customer jengah dan akhirnya komplain, semakin banyak komplain akhirnya Gojek mutar otak dan terbitlah Reward dan Punishment, nolak orderan akun anyep dan kalau jalanin semua orderan akun jadi gacor, mungkin cara begini sebagai jalan untuk mengingatkan pada driver bahwa apapun orderan nya adalah rejeki yang harus disyukuri tidak ditolak dan dipilih-pilih.
3.Menyebarkan Driver
Menyebarkan Driver bisa jadi salah satu alasan dibuatnya sistem prioritas, sebelum sistem ini dibuat driver sebagian besar konsentrasi mencari orderan ke daerah pusat kota, perkantoran dan pusat perbelanjaan sehingga customer pinggiran kota dan perumahan sangat sulit dapat driver, kalaupun dapat driver biasanya posisinya jauh dan kebanyakan driver menolak menjemput karena kejauhan.
Sekarang keadaan sudah berubah, driver sudah tersebar sampai ke komplek-komplek perumahan, driver yang gacor bertahan di pusat kota dan driver yang akunnya anyep merasa susah bersaing di pusat kota memilih menepi masuk ke daerah minim persaingan antar driver.
Masalah-masalah yang dihadapi customer maupun driver dicarikan jalan keluarnya dan diraciklah kode-kode membentuk Kecerdasan Buatan atau bahasa kampungnya Artificial Intelligence Yan biasa disingkat (AI), Kecerdasan buatan ini ditanamkan pada server berfungsi untuk menghitung kinerja driver dan mengurutkan posisi driver berdasarkan riwayatnya terutama order yang masuk dan yang diselesaikan.
Rasanya sudah 1 tahun sistem ini diterapkan dan dikembangkan, sayangnya masih jauh dari tepat sasaran.
Silahkan simak tulisan-tulisan berikutnya membahas tentang topik ini.
Yang punya kritikan, masukan dan saran silahkan isi kolom komentar ya....!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar