Post Top Ad

Your Ad Spot

12.22.2019

Surat Terbuka Untuk Maxim

Surat Terbuka Untuk Maxim
Beberapa bulan belakangan ini aplikasi ojek online asal Rusia ini jadi perbincangan hangat dunia Maya, berbagai kontroversi muncul, mulai dari tarif yang jauh dibawah peraturan pemerintah hingga disegelnya kantor maxim di berbagai kota.

Baru-baru ini maxim membuat surat terbuka yang ditujukan kepada Presiden Jokowi, intinya aplikasi dari negara Om Putin ini keberatan peraturan tarif hingga menyinggung hengkangnya investor.

Mimin sebagai driver ojol tentu tergelitik juga buat komentari poin-poin penting yang mimin rasa perlu disanggah, berikut poinnya dan balasan dari mimin yang sudah menjalani profesi sebagai driver ojek online.

Maxim bilang tarif yang diatur peraturan menteri kemahalan dan menyusahkan rakyat.

Sebagian mimin setuju nih tarif yang diatur angkanya.dirasa kemahalan di berbagai daerah sehingga berefek pada berkurangnya pengguna ojek online, akan tetapi alasan ini tidak bisa dijadikan pembenaran buat melanggar xim, caranya ikuti dulu aturannya kalau dirasa memang tak sesuai baru diajukan ke pemerintah buat review tu angka, lagian ini kan sedang masa uji coba dan pengkajian oleh pemerintah bersama dengan aplikator lain seperti Gojek dan Grab, setelah ketemu hasilnya baru tuh duduk bersama rumuskan tarif yang cocok buat daerah.

Tarif ojol memang perlu diatur oleh pemerintah xim, transportasi di negeri ini nggak cuman ojol dan taksi online doang, keberlangsungan bisnis angkot, becak motor, taksi dan lain-lain.

Dari pengalaman pribadi membawa customer di sebuah rumah makan, saat itu tarif ojol belum diatur dan aplikator sedang giatnya promo, tiba-tiba customer yang sedang dibawa bercerita begini "pak teman saya yang tadi itu dulu sopir angkot, sejak ojol marak penumpangnya berkurang dan dia terpaksa banting setir jadi tukang cuci piring".

Jadi xim, kita Ndak boleh egois, pengen bisnis berkembang dengan harga murah eh malah ribuan orang yang bergelut bidang transportasi terancam dapur nggak ngebul, pindah jadi tukang ojol eh aplikasi ojol nya meras keringat doang ongkos murah bukan hasil subsidi tapi hasil cari kesempatan dalam kesempitan dimana orang terpaksa menjalani.

Pengemudi meraup keuntungan berkalilipat

Halo xim...yang namanya ojek online itu sistem kemitraan, toh maxim juga sistem kemitraan dimana mitra yang sediakan perlengkapan kerja sendiri mulai dari motor, handphone, pulsa, paket data, uang makan dan sebagainya.

Kalau driver online dapat berkali-kali dari UMR kenapa memangnya xim?itu motor yang dipakai buat ongojol ganti olinya lebih sering, bannya lebih cepat botak dan lebih cepat ausnya, itu siapa yang nanggung xim?ya driver yang nanggung,  belum lagi esiko kerja tinggi tiap detik berseliweran di jalanan, kalau terjadi apa-apa menyebabkan kendaraan rusak atau buat biaya berobat driver yang keluarin duit pribadi.

Yang protes harga murah adalah driver perusahaan pesaing

Alih-alih ingin "membantu" customer tapi yang ada maxim malah mengorbankan mitranya, mangkanya sebelum banya protes bercermin dulu, Ndak perlu jauh-jauh, buka aja aplikasi playstore dan ketik itu taxsee driver dan baca ulasannya, kalau Ndak sempat nih mimin sodorkan sedikit penampakan:


Lempar batu malah sembunyi tangan, yang melanggar aturan siapa yang disalahkan malah orang lain, mungkin sebaiknya yang nulis tu surat terbuka disuruh baca-baca berita dan komentar di aplikasi mereka, masa' kalah sama Mimin blog yang seharian di jalanan.

Transportasi murah untuk masyarakat

Xim, di negeri ini sudah lama ada yang namanya transportasi umum yang terjangkau harganya, bahkan di Padang naik mikrolet dari ujung ke ujung jarak 20KM cuma bayar 5 ribu doang ongkosnya, ada juga yang namanya bus Trans Padang yang Full AC ongkosnya 3,5K aja, tak elok menjual alasan masyarakat susah buat dalih menerapkan harga yang jauh dibawah peraturan dan melanggar peraturan, kalau mau bantu masyarakat bawalah duit yg banyak dari Rusia untuk subsidi customer dan bayarkan tarif yang layak kepada driver seperti apa yang sudah dilakukan oleh pendahulumu.

Akhir dari surat terbuka terkait surat terbuka yang dibuat oleh maxim, tak usah jauh-jauh dulu bahas masyarakat luas, coba bercermin, bacain tu satu-satu komentar bintang satu di playstote aplikasi driver, kalau sudah bisa menyediakan jalan untuk mensejahterakan lingkar terdekat yaitu mitra, baru bahas membantu masyarakat luas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot